Latest News

Cara Menanam Biji Durian Montong Yang Benar

Cara Menanam Biji Durian Montong Yang Benar - Durian merupakan salah satu buah yang sangat digemari. Buah yang satu ini terutama durian montong memang memiliki daging yang banyak dan sangat manis jika sudah masak. Durian montong memiliki ukuran yang lebih besar dari pada durian jenis lainnya. Dan ada artikel menarik tentang durian montong, memang banyak yang menyebutkan kalau durian montong berasal dari Thailand. Bahkan banyak sekali durian montong yang di import dari Thailand. Jika durian adalah dianggap sebagai rajanya buah, maka durian montong adalah rajanya durian. Indonesia tak hanya mengimport durian montong tetapi juga bibit durian montong.


Dikabarkan setiap tahunnya Indonesia mengimport sebanyak 19 ton buah durian montong dari Thailand. Durian montong sendiri merupakan salah satu jenis durian yang dikembangkan dari Thailand, Namun perlu kita ketahui bersama bahwa ada yang menyebutkan bahwa bibit asli (plasma nutfah) durian montong berasal dari Indonesia tepatnya di daerah Jawa Tengah.

Varietas durian montong Thailand dihasilkan dari pohon durian asli Indonesia Dr. Ir. Endang Yuniastuti Msi, Peneliti Durian dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, menjelaskan bahwa induk dari durian montong adalah durian sukun, yang diambil dari matasih kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Dari spesies asli Indonesia tersebut, Thailand mengembangkannya menjadi durian super unggul yang dinamakan dengan durian montong. Dan saat ini durian sukun yang merupakan awal mula dari Durian Montong terancam punah dan kabarnya tersisa hanya bebarapa batang saja di Karanganyar Indonesia.


Nah sekarang kita akan memperlajari cara menanam biji durian montong yang baik dan benar.

Memang sekarang harga bibit durian montong sangat terjangkau bahkan umumnya di daerah Indonesia yang memiliki iklim tropis sangat cocok untuk menanam rajanya buah ini (buah durian montong). Pertama tama kita membeli bibit durian montong yang bagus, Kita bisa melihat dari batang dan daun yang masih segar, tandanya bibit tersebut sangat cocok untuk ditanam. Jika terlihat ada beberapa daun yang sudah gugur dan layu, kemungkinan akar dari durian montong ini belum sempurna.

Setelah pemilihan bibit selesai, kita lanjutkan ke tahap dua yaitu pemilihan lahan. Pemilihan lahan yang kita gunakan untuk menanam bibit durian montong ini kita pilih yang tanahnya banyak mengandung unsur hara yang tinggi. Dengan lahan yang memiliki unsur hara yang tinggi maka bibit durian bisa cepat tumbuh dengan baik.

Jika lahan anda tidak subur, kita bisa menyiasatinya dengan menambahkan pupuk dalam lahan tersebut. Pupuk yang kita gunakan bisa menggunakan pupuk alami dan dikatakan pupuk yang paling bagus adalah pupuk kandang. Jangan berlebihan dalam memberikan pupuk pada lahan yang akan ditanami durian montong.

Kemudian kita lanjutkan dengan tata cara menanam durian montong, kita siapkan lubang dengan ukuran kedalaman sekitar 50 cm, dengan lubang sebesar itu maka jika bibit durian montong, akarnya akan menancap kuat pada tanah. Dan saat masih bibit gunakan nutrisi secukupnya pada bibit agar cepat besar.

Demikian tips bagaimana cara menanam biji durian motong yang baik dan benar.

1 Response to "Cara Menanam Biji Durian Montong Yang Benar"

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus