Latest News

Cara Menanam Cabe Mulai Dari Biji (Terlengkap)

Cara Menanam Cabe Mulai Dari Biji (Terlengkap). Cabe merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani. Harga dari cabe sendiri sangat tidak menentu kadang naik terlalu tinggi dan terkadang malah cepat turunnya di harga pasar. Memang jika cabe sedang mengalami kenaikan, para petani sangat diuntungkan, namun terkadang kenaikan cabe tersebut juga dari dampak produksi cabe yang menurun dikarenakan cuaca yang berubah misalnya hujan dan lain lain. Kami tim admin dari http://bibit-kebun-benih.blogspot.com, akan mengupas tuntas secara lengkap bagimana cara menanam cabe mulai dari biji.


Sebelum ke topik utama kita bahas dahulu secara singkat tentang jenis jenis cabai yang ada di Indonesia, terdapat cabe besar, cabe rawit dan cabe hibrida.

Cabe besar sendiri memiliki beberapa vairan dari yagn paling umum kita temukan adalah cabe merah besar, cabe merah keriting dan cabe hijau. Cabe besar (capsium annum L) merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Cabe ini banyak digunakan untuk sambal ataupun untuk bumbu dapur di rumah anda.

Cabe merah besar : Bentuknya yang panjang besar dan lancip, memiliki warna merah, kulit dari cabe merah ini mulus dan agak tebal.
Cabe merah keriting : Bentuknya juga panjang kira kira sama panjang dengan cabe merah namun memiliki diameter yang kecil dan ujungnya sama runcing. Kulti buah relatif tipis dan memiliki tekstur kulit yang juga tipis.
Cabe hijau besar : cabe hijau besar ini banyak digunakan untuk membuat sambal padang dan juga untuk bahan tumisan. Cabe hijau besar memang dipanen secara dini karena sulit untuk dipanen saat menjdi merah, hal ini sangat tergantung dari kondisi cuaca suatu daerah tersebut, biasanya yang memiliki daerah dengan intensitas curah hujan tinggi dan lembab, mereka cenderung memanen cabe besar saat hijau.

Cabe rawit : jenis cabe ini memiliki ukuran yang mini dan memiliki rasa yang sangat pedas dan biasanya dipakai untuk membuat sambal. Cabe rawit (capsium frutescen) ini memiliki beberapa warna mulai dari hijau, merah, kuning dan keoranye oranyean.
Enaknya menanam cabe rawit adalah jenis cabe ini berbuah sepanjang tahun, tidak mengenal musim. Tanaman ini cukup tahan terhadap cuaca baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Benih dari cabe rawit ini biasanya dari petani di produksi sendiri dan memilih untuk menanam varietas lokal saja.

Cabe hibrida : cabe hibrida sendiri merupakan jenis cabe dengan ukuran yang besar. Beberapa diantaranya kurang tahan jika di tanam di daerah lahan yang terbuka misalnya cabe paprika. Berikut ini jenis cabe hibrida yang sangat populer diantarnya :

  • cabe merah : emerald, hot beauty, horison, biola, inko hot
  • cabe keriting : lembang-1, tanjung-1, papirus
  • paprika
  • cabe rawit :dewata dan juwita
Tahapan bercocok tanam cabe rawit mulai dari biji -----

1. Pengolahan tanah terlebih dahulu
Sebelum menanam cabe kita akan melakukan pengolahan terhadap tanah terlebih dahulu, kita bisa mencangkul sedalam kira kira 30 cm agar tanah menjadi gembur. Setelah itu kita biarkan tanah selama kurang lebih 1 minggu agar tanah mendapatkan sinar matahari.

Kita membuat bedeng dengan lebar 100 - 120 cm dengan ketinggian bedengan sekitar 20 - 30 cm. Jarak antara bedeng kita beri sekitar 30 - 45 cm.

Kemudian kita beri jarak tanam antar tanaman cabe yang akan kita tanam. Beri sedikit pupuk pada lubang tanam tersebut.

2. Persemaian
Persemaian adalah proses kegiatan untuk mendapatkan bibit tanaman yang baik, untuk benih cabe kita bisa membeli di toko toko pertanian, namun kita juga bisa mendapatkan benih cabe dari cabe yang kita beli dipasar tradisional.

Cara persemaian benih cabe :
  • Kita ambil kertas tisu beberapa lembar kemudian kita basahi dengan air.
  • Kita tebar biji cabe tersebut dalam atau diatas kertas tisu.
  • Tutup lembaran tisu yang telah di basahi.
  • Masukkan tisu ke dalam boxs tertutup.
  • Tunggu beberap hari hingga cabai menjadi cambah.
  • Pindahkan bibit cabai ke media tanam secara perlahan.
3. Penanaman bibit cabe
Penanaman bibit cabe ini bisa dilakukan setelah umur bibit sudah mencapai 1 bulan, karena akar dari bibit tersebut sudah cukup kuat untuk di pindah dalam lahan tanam. Untuk menanam bibit cabe ini kita gunakan waktu pada sore hari, tujuannya agar tanaman tidak layu.

Pilih bibit dengan kualitas baik yaitu :
  • telah berumur satu bulan
  • pertumbuhan tanaman yang seragam
  • tidak terserang hama dan penyakit
Cara menanam bibit cabe yang baik dan benar adalah :
  • pilih bibit yang bagus
  • kemudian siram dengan air
  • lepaskan dari media tanam sebelumnya
  • pindahkan dalam lubang lahan tanaman
  • padatkan di sekitar lubang agar bibit menancap dalam tanah dan tidak roboh.
Penyiraman bibit atau tanaman cabe adalah 2 hari sekali atau dilihat dari keadaan tanah, jika sudah benar benar kering kita siram cabe tersebut.

Penyiangan : kita cabut rumput yang tumbuh disekitar tanaman cabe.

Lakukan perawatan jika terserang penyakit dengan pestisida organik. Dan lakukan pemupukan secara teratur.

Demikian cara menanam cabe mulai dari biji terlengkap.

2 Responses to "Cara Menanam Cabe Mulai Dari Biji (Terlengkap)"

  1. Apakah cara Budidaya Cabe Merah Keriting sama dengan cara budidaya cabe rawit?

    BalasHapus
  2. cara merawat ayam bangkok aduan biar juara di arena

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7837628-cara-melatih-ayam-bangkok-aduan-muda-agar-menang-terus

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus