Latest News

Cara Menanam Tomat Dalam Pot

Tomat merupakan sayuran yang bisanya digunakan untuk berbagai macam masakan, bisa juga untuk kecantikan seperti sebagai masker wajah alami, dan dibuat jus. Pastinya anda ingin memiliki tanaman tomat yang di tanam dalam pot, karena mungkin lebih menarik untuk dipandang atau dari segi lahan yang anda miliki memang terbatas. Toamt sendiri masih dikategorikan sebagai sayuran, meskipun dari teksturnya mempunyai struktur buah. Tanaman tomat ini dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. harga dipasaran harga tomat memang stabil dan selalu terjangkau untuk dibeli konsumen. Tanaman tomat juga menghendaki tanah yang gembur dan subur agar tanaman ini tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah buah tomat yang banyak.

Tomat jika dibudidayakan memang tumbuhnya sekitar 1 - 2 meter, sehingga saat sudah mulai tinggi kita memerlukan bantuan penopang seperti kayu agar tanaman ini tidak roboh, apalagi jika sudah berbuah.

Tomat bisa dibudidayakan dengan di tanam di tanah langsung, polybag dan juga pot. Untuk menanam di polybag dan pot memang tidak begitu berbeda kok. Secara umum, orang akan membedakan tomat dari bentuk buahnya, ada tomat cerry yaitu tomat yang memiliki ukuran kecil sebesar kelereng, tomat buah yaitu tomat dengan bentuk bulat dengan pangkal melebar, tomat gondol dengan bentuk lonjong biasanya digunakan untuk bahan saus dan tomat sayur yang memiliki tekstur keras dan rasanya sedikit kecut.

Pertama tama kita pilih jenis tomat yang akan kita tanam, kita bisa mencoba tomat buah yang memiliki tektus agak besar.

Penyemaian bibit tomat
Pertama tama kita pilih tempat persemaian yang terlindung dari terik matahari dan hujan. Kita lakukan penyemaian di dalam polybag yang sudah berisi media tanam. Kita benamkan satu biji atau satu benih dengan kedalaman 1 cm. Kemudian tutup dengan media tanam dan siram secukupnya. Setiap satu polybag cukup satu biji atau benih saja.

Setelah benih kita tanam, kita melakukan penyiraman cukup 2 kali sehari saja. Hati hati saat melakukan penyiraman, jangan sampai merusak media tanah biji tersebut.

Kita perlu tambahkan pupuk cair organik, NPK atau kompos. Jangan lupa untuk menyiangi dari bibit yang kita tanam, hilangkan tanaman lain yang tumbuh pada polybag. Setelah kira kira 30 hari atau tanaman tomat telah ada sekitar 5 daun bisa kita pindahkan dalam pot yang lebih besar.

Untuk memindahkannya kita membutuhkan media tanah yang tepat yaitu tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Atau jika tidak mau sulit kita bisa membeli media tanam langsung pakai di toko toko yang menjual tanaman bunga dan lainnya.

Kita pindahkan tomat pada sore hari saja, agar tidak mudah layu. Lakukan dengan hati hati agar akar dari tomat tidak rusak. Setelah dipindahkan kita perhatikan agar tidak ada tanaman (gulma) yagn tumbuh dalam pot tersebut. Kita juga beri pupuk sesuai takaran pupuk tersebut.


1 Response to "Cara Menanam Tomat Dalam Pot"

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus